Rabu, 27 Mei 2015

Batu Akik tekan angka penggangguran



 
Batu Akik Tekan angka Pengangguran

Akhir-akhir ini, masyarakat kita di guyur dengan demam batu akik, hampir semua pusat perbelajaan menjajakan batu akik, mulai dari pasar sampai mall-mall besar menjajakan batu akik. Dari kalangan muda sampai tua telah mengalami demam batu akik, berawal dari mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang memakai batu aki kemudian menjamurlah pengaruh itu kepada semua lapisan masyakarat. Bahkan seorang kolektor asal Jawa tengah yang di tawarkan agar batu akiknya seharga 1 miliar namun Hermawansyah menolak tawaran tersebut
                Tanggal 19-22 Maret 2015, Korem 032/Wirabraja yang berkedudukan di Padang, Sumatera Barat, akan diramaikan dengan pameran dan kontes batu akik internasional yang akan diikuti oleh 2.000 peserta dari berbagai negara.
Keseluruhan dari 2.000 peserta tersebut berasal dari enam negara meliputi Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Australia, Korea Selatan, dan Mesir seperti yang dilansir AntaraNews, Jumat (20/3/2015).
                Jikalau fenomena batu akik telah berhasil meningkatkan Animo masyarakat dalam mencurahkan kreatifitasnya melalui batu akik. Terbukti dengan adanya pameran kontes tersebut dapat membuat batu akik semakin mejadi sesuatu yang bernilai dalam perekonomian, melalui pameran tersebut dapat menaikan pamor batu akik agar menjadi salah sati pendorong ekonomi masyarakat. (Liputan 6.com)


Batu Akik basmi Pengagguran
                Salah satu situs e-commerce yang ramai dijadikan tempat berjualan batu akik adalah Bukalapak.com. Dalam sehari ada ribuan transaksi jual beli batu akik hingga mengalahkan produk lainnya.
Chief Executive Officer Bukalapak.com Achmad Zaky mengatakan batu akik saat ini menjadi item yang paling banyak diperjualbelikan di situsnya. Dalam tiga bulan terakhir, jumlah transaksi online batu akik kian meningkat. "Kondisi ini membuat harga batu mulia juga luar biasa tinggi," kata Zakiy di Jakarta, Minggu 1 Maret 2015.
Menurut Zakiy, transaksi batu mulia di Bukalapak.com mengalami pertumbuhan yang luar biasa. Saat ini bahkan bisa naik dua kali lipat setiap bulan dengan nilai transaksi mencapai ratusan juta rupiah per hari.
Hal bisa menjadi sebuah peluang karena batu akik telah menarik banyak perhatian masyakat khususnya kalangan atas, hal ini bisa menjadi mungkin dalam menekan angka pengangguran jikalau pemerintah bekerja sama dengan masyakat dalam mendirikan sebuah tempat pengrajin batu akik di bawah naungan pemerintah sehingga masyakat yang masih belum mendapatkan pekerjaan bisa menjadikan peluang ini sebagai sarannya
               



Batu akik pengalih Isu?
                Beredar beberapa isu bahwa batu akik adalah salah satu strategi Presiden Jokowi dalam mengalihakan beberapa Isu yang sedang pergejolak di bangsa ini sehingga masyakat di sibukan dengan batu akik namun lupa mengeritik kinerja pemerintah yang belum tuntas dan tak kunjung menuju perbaikan. Beberapa media p elektronik di Facebook salah satunya Junro salah satu situs yang giat dalam mengeritik kinerja pemerintah  mengatakan dalam statusnya beberapa minggu lalu: “Bahwa fenomena batu akik terlalu di blow up oleh pemerintah sehingga mengalihkan perhatian masyakat terhadap persoalan bangsa, beberapa teman saya di Lemhanas (lembaga pertahnan Nasional) mengatakan bahwa  Batu akik di blow up oleh para intelejen “.
               
                Dalam buku pengantar Manajemen karya Ricky W. Grifin dan Ronald J. Ebert Profesor Manajemen asal Amerika dan Columbia mengatakan dalam bukunya Bisnis yang terdapat pada halaman 93 tentang pengaruh bisnis kecil terhadap perkembangan perekonomian di Amerika Serikat. Beberapa contoh kasus yaitu Apple yang di dirikan oelh Steve Jobs yan bermula dari bisnis kecil yang di bangun di garasinya sendiri kemudian setelah perjalanan panjang dengan berbagai inovasi dan konstruksi yang di bangun olehnya maka berdirinya I Phone dan I pad yang saat ini hangat di telinga sebagai alat komunikasi yang sangat elegan dan di gunakan oleh kalangan atas
            Yusuf Kalla wakil Presiden RI mengatakan: “Jumlah pengusaha di Indonesia hanya mencapai 0,5% sedangkan China 2% dan Amerika mencapai 10%, jika di Indonesia bisa mencapat 1-2% maka ekonomi kita akan membaik”. Pak JK mengisyaratkan bahwa bisnis kecil dan menengah sebenarnnya sangat berpengaruh pada pembangunan ekonomi suatu Negara
            Kodak pernah  mengalami kerugian ketika harus  menjadi produk tunggal di salah satu daerah yang pernah di tempati. Namun setelah muncul berbagai produk seperti Nikon, Fujifim, Nikon dan Samsung maka pertumbuhlah perekonomian Kodak, karena dengan adanya competitor ataupun pasar yang menyediakan produk bervariasi maka pasar itu akan berkembang.
            Maka dengan berdirinya batu akik center ataupun tempat pengrajin batu akik sangat membantu menekan angka pengagguran dan menjadi batu akik menjadi sarana fashion Indonesia. Agar kita tidak perlu membeli perhiasan di luar batu akikpun bisa menjadi pernak pernik bagi semua kalangan asalakan semua komponen bekerja sama dalam membangun pusat atau tambang batu akik sehingga setelah masuk pabrik semua jenis akan di olah dalam berbagi model bukan hanya cicin saja namun di sesuaikan dengan keinginan pasar.


Solusi
                Tentunya dalam sebuah persoalan ada berbagai peluang yang bisa di manfaatkan, fenomena batu akik ini bisa menjadi salah satu perhiasan budaya dan warisan alam Indonesia, jikalau pemerintah serius dalam bertindak. Buktinya akan diadakan pameran batu akik di Padang pertanda bahwa peminat batu akik semakin hari semakin bertambah, tentunya hal ini dapat menekan tingkat pengangguran masyarakat. Kita lihat saja Batik saat ini telah go Internasional karena keseriusan pemerintah membudidayakan dan membumikannya , batu akik bisa menjadi salah satu warisan bangsa Indonesia. Pemerintah bisa membuat sebuah pelatihan Batu Akik, dalam hal mencari, mengeloah, sampai memasarkannya. Sehingga batu Akik bisa menjadi sebuah kerajinan tangan anak bangsa agar bisa menjadi pemasukan Negara bukan hanya menjadi sebuah pengalihan isu ataupun popular sesaat.
                Di pulau Jawa, Kalimantan, Papua, Sumatra dan Sulawesi memiliki banyak kekayaan alam yang bisa di budidayakan dengan beberapa perhitungan yang telah pemerintah sesuaikan dengan APBN. Jikalau batu akik di wadahi oleh pemerintah sendiri dalam hal membangun  sebuah tempat-tempat kerajinan seperti budidaya batik.
                Jangan sampai kita kehilangan kekayaan alam begitu saja tanpa manajemen yang baik, batu akik bisa menjadi sebuah peluang yang sangat besar dalam mendorong perekonomian dan menekan angka pengangguran, terbukti situs bukalapak.com menjual ratusan juta per-hari hanya dari batu akik. Jikalau pemerintah menangkap batu akik sebagai sebuah peluang emas dalam menekan tingkat penganguran. Semua kita kembalikan kepada pemerintah apa batu akik akan di budiayakan sebagai asset budaya Indonesia ataukah cuman sebuah moment yang buming sesaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar